Seekor Bangkai Paus Raksasa Ditemukan Membusuk di Pantai Bali

  • Bagikan
Bangkai Paus 10 Meter Ditemukan di Pantai Bali.

BALI – Seekor bangkai ikan paus diduga berjenis Paus Baleen (Mysticeti) ditemukan terdampar dalam kondisi membusuk di Pantai Pasut, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso menerangkan, bahwa paus itu ditemukan oleh nelayan setempat, pada Minggu (20/2/2022) kemarin sekitar pukul 20.30 Wita.

“Paus dalam kondisi sudah membusuk, dan terurai bagian tubuhnya,” kata Yudiarso, saat dikonfirmasi Senin (21/2/2022).

Ia menyebutkan, saat ini dari Dinas Perikanan dan BPBD Kabupaten Tabanan, serta masyarakat setempat sedang berupaya menangani dan opsinya akan di kubur atau dibakar.

“Dari hasil identifikasi visual, paus diduga merupakan Paus Baleen (Mysticeti) dan untuk kepastian spesiesnya akan dilakukan uji DNA. Pengukuran morfometri panjang badan sekitar 8 hingga 10 meter dan kondisi badan sudah hancur,” imbuhnya.

BACA JUGA :  BPK RI Bali Audit Laporan Keuangan Pemkab Badung Anggaran 2021

Ia menduga, bahwa paus itu mati di tengah laut dan terseret ombak ke pantai dan saat ini sedang proses penguburan oleh petugas.

“Penyebab kematian belum diketahui, tim menemukan paus sudah membusuk atau terurai sehingga sulit di nekropsi. Sore ini, sedang proses penguburan dibantu peralatan BPBD Tabanan,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *