Ikan Rinuak Langka Akibat Air Danau Maninjau di Agam Tercemar

  • Bagikan
Ribuan ikan mati mendadak di Danau Maninjau, Agam, Sumbar. (Antara Foto/Muhammad Arif Pribadi)

AGAM- Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan ikan rinuak (ikan khas daerah itu) menjadi langka di Danau Maninjau karena dalam beberapa bulan ini kondisi air danau vulkanik itu tercemar.

“Ikan rinuak menjadi langka dan sulit ditangkap oleh nelayan di Danau Maninjau. Ini berdasarkan pantauan kami di sekitar danau tersebut,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam, Rosva Deswira di Lubukbasung, Selasa (4/4).

Ikan rinuak jadi langka mulai akhir 2022 akibat air danau tercemar setelah angin kencang disertai curah hujan tinggi. Dengan kondisi itu, kadar oksigen berkurang di dalam Danau Maninjau, sehingga ikan mati masal, termasuk ikan rinuak.

BACA JUGA :  Bersihkan Kali Tanjungan, Petugas DLH Temukan Mayat Bayi Laki-laki Baru Lahir Mengambang

“Tidak hanya ikan keramba jaring apung saja yang mati, ikan endemik juga mati, sehingga nelayan kesulitan menangkapnya,” katanya.

Menurut dia, ikan rinuak bakal muncul beberapa bulan ke depan dan hasil tangkapan nelayan kembali banyak.

Kondisi itu, pernah terjadi pada 2016-2017, ikan rinuak langka untuk beberapa bulan dan setelah itu muncul lagi.

“Saat ini ikan rinuak berada di aliran sungai di sekitar danau untuk mencari air yang bersih,” katanya.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan, Yuliati menambahkan hasil tangkapan ikan rinuak tidak ada lagi, sehingga pedagang tidak mendapatkannya untuk dijual.

“Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu dan saya tidak pernah mendapatkan ikan rinuak dari nelayan,” katanya.

BACA JUGA :  Akibat Gempa 5,8 Magnitudo di Mamuju, Sebanyak 70 Rumah Rusak

Sebelumnya, ia menjual ikan rinuak dengan harga Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram . Dalam kondisi normal, harga ikan rinuak Rp20 ribu per kilogram.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *