Pemkot Denpasar Jalin Kerjasama dengan Kota Darwin-Australia

  • Bagikan

BALI – Pemerintah Kota Denpasar menjalin kerjasama sister city dengan Kota Darwin, Australia. Kesepakatan tersebut dilaksanakan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wali Kota Darwin Australia Konstantine Vatskalis, Senin (13/6/202) di Gedung Dahrma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar.

Secara langsung Wali Kota Darwin Australia hadir langsung di Kota Denpasar dan berkesempatan meninjau gedung Dharma Negara Alaya Denpasar serta menyaksikan pertunjukan tari Pendet, tari Tenggek dan Barong.

Usai penandatanganan MoU dilakukan pertukaran cindera mata antara Wali Kota Denpasar dengan Wali Kota Darwin serta istri Wali Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara dengan istri Wali kota Darwin Amy Vatskalis.

BACA JUGA :  Peduli Peningkatan Perekonomian, PLN Serahkan Bantuan Rp 160 Juta untuk Masyarakat Buleleng

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka AA Sukawati menyampaikan dengan adanya jalinan kerja sama sister city antara Denpasar dengan Darwin diharapkan dapat meningkatkan hubungan kedua kota termasuk dalam hal kreativitas. Seperti halnya peningkatan ekonomi kreatif, pariwisata serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Darwin bahwa hotel di Kota Darwin tidak dapat terisi penuh karena keterbatasan tenaga kerja.

“Tentu kerjasama ini dapat menjadi keuntungan bersama terutama dalam bidang penempatan tenaga kerja. Dengan kerja sama ini dapat bermanfaat bagi kedua kota,” ujar Jaya Negara, Senin (13/6/2022).

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan kerjasama ini diharapkan dapat membangun ketangguhan kota dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan di masa depan, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dicanangkan dalam rencana aksi kerjasama ini.

BACA JUGA :  Nikita Mirzani Tinjau Pembangunan Holywings Bali yang Bakalan jadi Beach Club Terbesar di Asia

Di samping itu, dalam lingkup yang lebih luas, Kerja Sama ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menemukan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim (Climate Change), Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), masalah perkotaan, kapasitas SDM, serta permasalahan global lainnya.

“Seperti yang disampaikan wali Kota Darwin bahwa keberadaan hotel di Kota Darwin yang kekurangan tenaga kerja sehingga hal ini dapat menjadi peluang kerjasama dalam peningkatan kemampuan serta kesempatan anak-anak muda di Kota Denpasar bekerja di Australia,” ujar Jaya Negara.

Sebagaimana di ketahui bahwa Australia merupakan pangsa pasar utama pariwisata Bali dan Kota Denpasar, sehingga kunjungan ini memberikan harapan baru bagi industri pariwisata di Bali yang tengah berupaya untuk bangkit kembali setelah terpuruk selama dua tahun.

BACA JUGA :  Gempa M5,2 di Banten Terasa hingga Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

“Yang terpenting, Kerja Sama ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kedua Kota Denpasar-Darwin, untuk saling melengkapi satu sama lain, serta melakukan langkah-langkah nyata sebagai implementasinya,” ujar Jaya Negara.

Sementara Wali Kota Darwin Australia, Konstantine Vatskalis menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan satu sama lain dan mempertegas perjanjian sister city Darwin dan Denpasar.

“Saya percaya secara bersama-sama dan telah menandatangi MoU bersama Wali Kota Denpasar sehingga ke depannya kita dapat melakukan langkah secara bersama-sama,” ujarnya.

Penulis: TaufanEditor: Renoto Sirengga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *