Denpasar Gelontorkan Rp28 M untuk Tata Pantai Sanur Lebih Indah

  • Bagikan
Denpasar Gelontorkan Rp28 M untuk Tata Pantai Sanur Lebih Indah (Foto: Istimewa)

DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar, Bali anggarkan Rp 28 miliar untuk menata Kawasan Pantai Sanur tahap kedua.

“Penataan Pantai Sanur merupakan salah satu fokus Pemerintah Kota Denpasar,” kata Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat pengecekan lapangan, kemarin, dikutip, Sabtu (16/4).

Arya mengatakan, penataan tahap satu telah rampung akhir tahun 2021, dan saat ini pemkot akan melanjutkan penataan Pantai Sanur tahap dua dengan penataan kios UMKM, pembangunan kamar kecil (toilet), taman, pedestrian dan beberapa rest area.

Penataan kawasan pantai tersebut tersebar di beberapa titik sepanjang 5,8 Km serta relokasi lahan parkir agar lebih rapi dan tertib.

Menurutnya, penataan ini dimaksudkan agar Pantai Sanur dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, wisatawan, dan UMKM sehingga sebagai obyek wisata, Sanur dapat memiliki daya saing secara internasional.

BACA JUGA :  Viral Aksi Lansia di Bekasi Lumpuhkan Pelaku Pencurian Motor

“Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, kami harapkan para pemilik hotel di sepanjang Pantai Sanur ikut berpartisipasi memasang kamera pengintai (CCTV). Minimal 2-3 titik CCTV masing-masing pemilik hotel dan jaringannya akan dikoneksikan dengan ‘Command Center’ di Pemkot Denpasar,” kata Arya.

Arya mengatakan Pemerintah Kota Denpasar juga mendukung rencana relokasi lahan parkir pantai yang selama ini memanfaatkan jalan di kawasan Jalan Hangtuah ke lahan yang dimiliki oleh Desa Adat Sanur Kaja sehingga kelihatan lebih rapi dan tertata.

“Penataan kawasan Pantai Sanur juga dalam rangka menyambut kegiatan internasional Presidensi G20 di wilayah Bali. Dalam penataan pedestrian semuanya memakai batu andesit dan ada jalur khusus pesepeda,” ujarnya.

BACA JUGA :  Harmonisasi 77 Ranperda Serentak se-Indonesia, Kanwil Kemenkumham Bali Sumbang 2 Ranperda Kabupaten Badung dan Karangasem

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar Anak Agung Airawata mengatakan saat ini masih dalam proses tender dengan pagu anggaran sebesar Rp 28 miliar. “Mudah-mudahan pada awal Mei 2022 sudah ada pemenangnya dan segera bisa dikerjakan dengan target waktu penyelesaian 6 bulan,” kata Airawata.

Kadis Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty mengatakan dalam penataan kawasan wisata Pantai Sanur sudah ada beberapa perusahaan swasta dan BUMN yang ingin berkolaborasi dalam penataan di pantai tersebut.

“Kami harapkan dengan adanya dukungan dari perusahaan swasta dan BUMN melalui CSR dan dukungan dari masyarakat termasuk para nelayan pelaksanaan penaatan kawasan wisata Pantai Sanur terlaksana dengan baik sehingga ke depannya dapat meningkatkan UMKM serta meningkatkan daya tarik wisatawan ke kawasan ini,” kata Laxmy.

BACA JUGA :  Erupsi lagi, PVMBG Minta Penerbangan Hindari Wilayah Sekitar Gunung Kerinci
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *