HUT Damkar, Pemkab Badung Selalu Edukasi Masyarakat Cara Tanggulangi Kebakaran

  • Bagikan
Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung gelar upacara HUT Damkar (Poto:Ivon)

BADUNG – Dinas Kebakaraan dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung memperingati hari ulang tahun (HUT) pemadam kebakaran dan penyelamatan Indonesia Ke-103 yang jatuh pada 1 Maret 2022 di Mako Induk Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung, Jalan Kebo Iwa Denpasar, Selasa (1/3).

Sejumlah kegiatan pun telah dilakukan sejak 12 Februari lalu, seperti roadshow edukasi dan penyuluhan pencegahan kebakaran di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Badung.

“Semua masyarakat setiap hari bersentuhan dengan listrik, maka sangat perlu diberikan edukasi dan penyuluhan bagaimana cara mengatasi kebakaran akibat korselting listrik,” ujar Kadiskarmat Kabupaten Badung I Wayan Wirya saat memberikan sambutan.

Pihaknya juga telah melakukan kunjungan ke pos-pos pemadam kebakaran yang berada di wilayah Kabupaten Badung guna memastikan kesiapsiagaan anggota atau petugas damkar,  persembahyangan bersama di Pura Pucak Mangu, Kancing Gumi, Selonding dan Uluwatu.

BACA JUGA :  Tertimbun Tanah Akibat Ledakan Tambang di Sawahlunto, 10 Orang Pekerja Masih dalam Pencarian

“Selama 3 tahun ini kami belum bisa melakukan penyegaran karena pandemi Covid-19, maka di tahun ini kami melakukan penyegaran mandiri berupa lomba fire drill dilaksanakan di Mako Induk,” katanya.

Kegiatan ini kata Wayan disamping meningkatkan keterampilan tenaga pemadam kebakaran serta menumbuhkan jiwa patriotisme anggota dalam melaksanakan tugas, juga bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa korsa anggota pasukan serta optimalisasi pelayanan penanggulangan kebakaran bagi masyarakat di Kabupaten Badung.

“Kami dari dinas kebakaran dan keselamatan kabupaten Badung mengucapkan selamat hari ulang tahun pemadam kebakaran dan penyelamatan Indonesia yang ke-103, semoga pemadam kebakaran selalu jaya, jaya, jaya,” ucapnya.

Seusai apel dilakukan penyerahan bantuan 100 paket sembako yang diberikan pihak Krisna Oleh-Oleh kepada petugas.

BACA JUGA :  Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Tangerang Usai Diguyur Hujan Deras

Seperti diketahui, pemadam kebakaran didirikan pada tahun 1919 dengan slogannya “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *